Tubuh yang sehat dan langsing  merupakan idaman para wanita. Oleh karena itu, banyak wanita berlomba untuk menurunkan berat bedan  secara cepat dengan diet ekstrim. Padahal, alih-alih membuat tubuh jadi langsing, diet ekstrim tersebut justru berbahaya bagi tubuh. Saking ekstrimnya, beberapa jenis diet yang tidak lazim seperti diet memakan bola kapas dan diet menelan cacing pita pun sempat populer beberapa waktu lalu.

Diet memakan bola kapas ini dilakukan dengan mencelupkan bola kapas ke dalam jus lalu memakannya, padahal bola kapas mengandung zat kimia berbahaya yang tidak dapat dicerna dan dibuang oleh tubuh. Sedangkan diet menelan cacing pita juga berbahaya karena dapat menjadi parasit di usus. Cacing pita yang bersarang pada tubuh akan menyebabkan radang perut, usus buntu, hingga radang saluran pankreas.

Mengerikan sekali, bukan? Daripada melakukan diet ekstrim, sebaiknya kamu pilih diet sehat yang menerapkan konsumsi makanan dengan gizi seimbang  dan olahraga secara teratur. Be Frutarian yang langsing dan tetap sehat, ya.

Lalu, bagaimana caranya menjadi Frutarian yang sehat? Kamu bisa melakukan diet dengan cara berikut ini:

1. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak Jenuh
Banyak orang beranggapan negatif terhadap lemak dan menghindari segala jenis makanan berlemak. Padahal, tubuh membutuhkan berbagai asam lemak esensial yang hanya bisa didapatkan dari makanan. Jenis yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, seperti gorengan, lemak daging, atau makanan bersantan. Pilih makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh dan banyak mengandung asam lemak esensial serta lemak tidak jenuh, seperti ikan perairan dalam, ayam tanpa kulit, dan daging sapi rendah lemak. Selain itu, konsumsi juga sumber lemak nabati seperti kacang dan alpukat agar tubuhmu mendapat asupan lemak baik tanpa menambah timbunan lemak pada tubuh.
 
2. Hindari Junk Food
Walaupun enak, junk food dapat menghancurkan diet sehatmu. Selain dapat membuat berat badan bertambah, junk food juga dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolestrol, penyakit jantung koroner, hingga diabetes karena tinggi sodium, lemak, dan karbohidrat, serta cenderung membuatmu mengonsumsinya dalam jumlah berlebih.
 
3. Olahraga Secara Teratur
Nah, untuk kamu yang ingin jadi Frutarian yang langsing dan juga sehat, olahraga harus jadi kegiatan wajibmu. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga akan membuat tubuhmu segar dan siap beraktivitas. Pilihlah olahraga yang kamu sukai, misalnya berenang, jogging, bersepeda, main basket, dan lain-lain.
 
4.  Minum Air Putih yang Cukup
Minum air putih 8 gelas per hari dapat membantu membuang sisa-sisa kotoran di dalam tubuh. Tubuhmu pun akan tetap terhidrasi dan segar.
 
5. Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari
Konsumsi buah 2-3 porsi dan sayur 3-5 porsi sehari akan memberikan tubuh berbagai vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi kesehatan dan metabolisme tubuh sehari-hari. Jika kamu membutuhkan asupan buah yang cepat dan praktis, jus dapat menjadi pilihanmu, salah satunya adalah Buavita. Buavita terbuat dari sari buah asli yang diproses tanpa bahan pengawet. Tersedia varian orange, apel, sirsak, guava, dan lain-lain yang bisa kamu pilih sesuai kesukaanmu.
 
Tunggu apa lagi? Be Frutarian yang langsing dan sehat dari sekarang!
Sources & access time:
http://www.medicinenet.com/eating_tapeworms_for_weight_loss/views.htm
http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/cotton-ball-diet
http://www.health.com/health/gallery/0,,20501331,00.html
Diakses pada 20/2/14