FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Cari tahu semua yang ingin kamu tanyakan tentang Buavita.
Kalau ada yang ingin kamu ketahui lebih lanjut, tanyakan ahli gizi kami

TANYA AHLI GIZI
1.MENGAPA BUAVITA BERBEDA

Apa perbedaan "sari buah", "minuman sari buah", dan "minuman rasa buah"?

Perbedaan menurut ketentuan BPOM :

  1. Sari buah (fruit juice) adalah minuman yang isinya minimal mengandung 80% jus buah. Minuman ini mengandung sari buah yang lebih banyak dibanding minuman rasa buah dan biasanya mempunyai tekstur yang lebih kental. Bagi mereka yang sibuk dan ingin mendapatkan manfaat buah dengan cara yang praktis, minuman ini dapat menjadi pilihan.
  2. Minuman sari buah adalah minuman yang isinya minimal mengandung 35% jus buah. Minuman ini mengandung lebih banyak tambahan air dan biasanya memiliki tekstur lebih encer dibanding sari buah.
  3. Minuman rasa buah adalah minuman yang isinya minimal mengandung 10% jus buah. Minuman ini dapat menghilangkan dahaga dengan cepat dan rasanya menyegarkan, namun kandungan sari buahnya lebih sedikit dibanding sari buah.

Apa beda Buavita dengan produk kompetitor lainnya?

Buavita adalah jus yang terbuat dari buah asli, tidak seperti minuman rasa buah yang tidak mengandung buah. 

Apa beda vitamin C pada Buavita dengan produk suplemen vitamin C seperti tablet vitamin C, minuman serbuk, dan lain-lain?

Buavita adalah produk minuman, bukan produk suplemen makanan. Suplemen vitamin C pada umumnya mengandung vitamin C dengan dosis yang melebihi kebutuhan sehari. Sementara jumlah vitamin C di Buavita telah disesuaikan dengan  kebutuhan tubuh dalam sehari. Selain itu, Buavita memiliki kandungan vitamin lain seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6 yang juga berguna untuk tubuh kita.

2.KEMASAN

Apakah maksud dari teknologi pengemasan secara Aseptis?

Pengemasan aseptis adalah metode pengemasan yang dilakukan dalam kondisi dan kemasan yang steril serta bebas bakteri.

Apakah kemasan Buavita aman?

Karena menggunakan teknologi aseptis, maka kemasan Buavita aman. Dengan 6 lapisan yang ada , akan melindungi jus Buavita dari kelembaban udara luar, oksigen dan cahaya yang dapat mengurangi nilai gizi.

Jenis material apa yang digunakan pada kemasan Buavita?

Material terdiri atas karton dengan lapisan plastik dan aluminium.

Bisakah kemasan didaur ulang?

Buavita menggunakan kemasan Tetrapak dan Combibloc yang berkomitmen terhadap daur ulang. 

3.ISI BUAVITA

Apakah klaim Buavita yang baru?

Buavita memberikan banyak kebaikan :

  1. Dibuat dengan buah asli.
  2. Mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6 yang merupakan vitamin esensial.
  3. Sumber Vitamin C yang berperan sebagai Antioksidan bersama dengan vitamin E.
  4. Minuman lezat bergizi.

Apakah maksud dari klaim tersebut?

  1. Dibuat dengan buah asli. Buavita menggunakan buah asli di dalam produknya.
  2. Vitamin esensial adalah vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan tidak bisa diproduksi dalam tubuh. Vitamin esensial antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B6, C.
  3. Sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang ada di buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki manfaat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat memicu kerusakan sel dan menyebabkan berbagai masalah seperti penuaan dini, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, pikun, katarak dan penurunan fungsi kognitif. Radikal bebas bisa berasal dari dalam tubuh (misalnya proses alami tubuh) dan dari luar tubuh (misalnya stres, rokok dan lingkungan). Antioksidan yang terkandung dalam Buavita adalah vitamin C.
  4. Minuman lezat bergizi. Rasa Buavita enak dan menyegarkan serta mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, C yang membuatnya menjadi minuman yang bergizi.

Apa saja guna vitamin pada Buavita?

Vitamin diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh dimana Buavita memiliki:

  1. Vitamin C yang berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, menjaga daya tahan tubuh dan mencegah anemia (penyakit kekurangan sel darah merah).
  2. Vitamin A yang berperan untuk mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan kulit).
  3. Vitamin B kompleksyang berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energi, bantu menjaga metabolisme tubuh.

Apakah Buavita halal?

Apakah Buavita mengandung garam?

Pada beberapa varian ada penambahan garam dalam jumlah sedikit untuk meningkatkan rasa.

Apakah Buavita mengandung kolesterol?

Tidak. Produk nabati yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol.

Apakah Buavita mengandung lemak?

Tidak.

Apakah Buavita menggunakan bahan pengawet?

Dengan teknologi UHT dan aseptis serta kemasan 6 lapis Buavita, memungkinkan Buavita tidak menggunakan pengawet dan dapat mempertahankan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

4.PROSES PRODUKSI

Bagaimana proses produksi Buavita?

Proses produksi Buavita memastikan kualitas Buavita selalu terjaga dan aman. Buah-buahan dipilih berdasarkan standard kualitas Buavita yang tinggi, kemudian buah diproses di pabrik PT. Ultrajaya . Pulp/konsentrat buah segar dicampur dengan bahan lainnya dan diproses menggunakan teknologi UHT. Kemudian jus Buavita dikemas secara aseptis (product dari PT.Ultra Jaya) dan siap dipasarkan.

Apa itu UHT?

Teknologi Ultra High Temperature (UHT) adalah teknologi pemanasan dengan suhu sangat tinggi (100°-120° C) selama hanya 2-4 detik. Teknologi ini bertujuan membunuh bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit dan pembusukan. Dengan teknologi ini, jus Buavita tidak membutuhkan bahan pengawet dan dapat tahan lama.

5.KONSUMSI DAN PENYIMPANAN

Apakah Buavita aman dikonsumsi untuk anak-anak?

Product Buavita tidak di rancang secara khusus untuk dikonsumsi oleh bayi usia di bawah 1 tahun. Buavita sudah dapat dikonsumsi oleh anak usia di atas 1 tahun.

Apakah Buavita aman dikonsumsi untuk penderita diabetes?

Perlu diinformasikan bahwa Buavita mengandung gula sehingga untuk penderita diabetes disarankan untuk konsultasi ke dokter dalam mengatur menu makanannya. 

Apakah Buavita aman dikonsumsi untuk penderita maag?

Penderita maag disarankan untuk menghindari makanan yang terlalu pedas, asam atau menyebabkan gas. Buavita aman untuk penderita maag jika dikonsumsi secara tepat. Buavita sebaiknya diminum sesudah makan untuk menghindari peningkatan asam di lambung. Harap dikonsultasikan ke dokter untuk mengatur menu makanan dan memastikan bagaimana Buavita dapat dimasukkan ke dalam menu dietnya.

Apakah Buavita aman dikonsumsi untuk wanita hamil?

Buavita diproses secara UHT dan aseptis untuk menjaga kualitas sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Apakah Buavita aman diminum bila sudah lewat dari tanggal kadaluarsa?

Kami tidak menyarankan untuk meminum Buavita bila sudah lewat dari kadaluarsanya karena dikhawatirkan adanya penurunan mutu.

Apakah Buavita bisa disimpan di freezer?

Buavita bisa disimpan di freezer namun tidak direkomendasikan karena larutan jus dapat memisah setelah dicairkan kembali.

6.LAIN - LAIN

Apa yang paling penting kita perhatikan, apabila kita ingin mengonsumsi jus buah ataupun minuman rasa buah?

Yang penting untuk diperhatikan adalah:

  1. Ketahui dahulu kebutuhan apa yang ingi kita dapatkan dengan mengkonsumsi minuman siap saji - apakah untuk mendapatkan manfaat buah atau hanya sekedar untuk kesegaran.
  2. Membaca label dalam kemasan, tentang kandungan yang terdapat dalam minuman siap saji tersebut.
  3. Membaca tanggal kadaluwarsa.
  4. Membaca saran penyajian, dalam kondisi apa minuman tersebut lebih enak untuk dikonsumsi (contohh : dalam kondisi dingin).

Apakah Bahan Tambahan Pangan membahayakan?

Sebagai perusahaan yang menempatkan kesehatan dan keselamatan konsumen sebagai prioritas utama, Unilever selalu memastikan bahwa semua produknya aman digunakan, dengan berpegang pada standar dari BPOM, Departemen Kesehatan dan badan berwenang lainnya. Bahan Tambahan Pangan yang digunakan dalam batas aman untuk dikonsumsi.

Apa latar belakang peraturan BPOM mengenai pencantuman Bahan Tambahan Pangan?

Bahan Tambahan Pangan seperti pengawet, pewarna, penguat rasa, dan lain-lain, dinyatakan aman dan diijinkan oleh BPOM sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku. Dengan adanya informasi yang menyebutkan tidak mengandung bahan tambahan pangan tertentu pada label, dapat menyebabkan pemahaman yang salah tentang keamanan pangan.

Apakah ciri produk yang sudah tidak aman dikonsumsi?

Produk yang telah terkontaminasi oleh bakteri biasanya kemasannya menggembung dan keras atau kemasannya rusak/bocor.