Healthy Lifestyle

5 Jenis Vitamin yang Paling Dibutuhkan Ibu Hamil


Bila sebelum hamil Anda tidak begitu menjaga pola makan, sekarang Anda harus lebih ketat memerhatikan kebutuhan gizi. Salah satu kebiasaan yang perlu diterapkan untuk memenuhi nutrisi saat hamil adalah banyak makan sayur dan buah.

Di dalam sayur dan buah terdapat berbagai macam vitamin penting yang diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin. Apa saja, sih, kebutuhan vitamin untuk ibu hamil yang wajib dipenuhi?


Macam-macam vitamin untuk ibu hamil

Berikut adalah daftar vitamin untuk ibu hamil yang paling dibutuhkan, mulai dari awal kehamilan sampai setelah bayi lahir.

1. Vitamin C

Vitamin C mampu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janin.

Selain itu, vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi. Hal ini membantu Anda terhindar dari anemia defisiensi besi yang sering menyerang ibu hamil. Pasalnya, saat hamil memang kebutuhan zat besi meningkat.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan vitamin C ibu hamil adalah sebesar 85 miligram (mg). Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari berbagai macam sayur dan buah, seperti jeruk, stroberi, mangga, pepaya, brokoli, tomat, dan paprika.

2. Vitamin D

Asupan vitamin D diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Vitamin D bertugas untuk mengatur kadar kalsium dan fosfat yang dibutuhkan untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat. Kebutuhan vitamin D untuk ibu hamil menurut AKG 2013 adalah 15 mikrogram (µg).

Kebutuhan vitamin D ini bisa Anda penuhi melalui sinar matahari dan makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan (seperti salmon, tuna, makerel, dan sarden), telur, serta daging merah. Tak hanya itu, berbagai jenis makanan juga ada yang sudah diperkaya dengan vitamin D. Misalnya susu dan sereal.

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 merupakan jenis vitamin B kompleks yang sangat penting bagi ibu hamil. Berikut ini merupakan fungsi dari setiap vitamin tersebut.

  • Vitamin B1 untuk meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf
  • Vitamin B2 untuk mempertahankan energi, penglihatan yang baik, dan kesehatan kulit
  • Vitamin B3 untuk mendukung kesehatan kulit, saraf, dan pencernaan
  • Vitamin B6 membantu pembentukan sel darah merah dan mengatasi morning sickness (mual karena hamil)
  • Vitamin B12 berperan dalam sintesis DNA dan membantu mencegah bayi cacat lahir

Tak ketinggalan, asam folat merupakan salah satu bentuk vitamin B yang diperlukan untuk mendukung fungsi plasenta dan mencegah bayi dari cacat lahir. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks ini dari berbagai sayur dan buah, serta dari telur, ikan, makanan laut, daging, gandum, dan lainnya.

4. Vitamin E

Untuk membantu pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot, tubuh membutuhkan asupan vitamin E yang cukup. Kebutuhan vitamin E ibu hamil adalah sebesar 15 mg per hari, menurut AKG 2013.

Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin E dari minyak sayur, kacang-kacangan, bayam, dan sereal yang diperkaya vitamin E.

5. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan janin. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu, sehingga ibu tak gampang sakit.

Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan vitamin A dalam bentuk beta-karoten, yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Contohnya wortel, bayam, brokoli, kale, mangga, paprika merah, dan ubi.

Kebutuhan vitamin A ibu hamil menurut AKG 2013 adalah 800-850 µg. Asupan maksimal vitamin A dalam sehari adalah 1.000 µg.

Namun, jangan melebihi angka maksimal ini. Kelebihan vitamin A dapat membahayakan janin. Karena alasan inilah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak menyarankan ibu hamil untuk minum suplemen vitamin A.

Bagaimana cara memastikan kebutuhan vitamin saat hamil sudah terpenuhi?

Cara mudahnya adalah menambah konsumsi berbagai macam sayuran dan buah (apa saja). Setidaknya, konsumsi sayur dan buah sebanyak lima porsi setiap hari (80 gram per porsi).

Supaya lebih praktis, Anda juga bisa minum Buavita Guava yang 1 kemasannya (250 ml) mengandung 100% vitamin A dan 90% vitamin C dari kebutuhan sehari, yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.

Kemudian, Anda juga bisa cek seberapa banyak vitamin yang sudah dikonsumsi dengan Buavita Vitamin Meter. Tes sederhana ini akan membantu Anda memantau vitamin apa saja yang hari ini masih kurang, sehingga kebutuhan vitamin Anda selama hamil bisa terus terpenuhi setiap harinya.

INSPIRASI RESEP BUAVITA